UPACARA BENDERA

Pagi ini Senin, 14 Februari 2022 , SMP Negeri 1 Banyuglugur melaksanakan upacara bendera. Kegiatan upacara ataupun apel rutin dilaksanakan setiap hari Senin. Kegiatan ini bertujuan menanamkan pribadi cinta bangsa, rasa persatuan dan kesatuan, serta kedisiplinan.

Pada kesempatan ini, selaku Pembina upacara adalah Bapak Budi Sulaksono, S.Pd. Beliau menyampaikan hal-hal penting yang berkenaan dengan tata tertib siswa yang harus dipatuhi oleh semua siswa SMPN 1 Banyuglugur.

“Penting untuk kalian ketahui bahwa semua pelanggaran tata tertib siswa akan dikenakan poin pelanggaran. Kemudian akumulasi dari poin tersebut akan berpengaruh pada sanksi siswa tersebut. Bahkan bisa-bisa si siswa akan dikembalikan pada orang tuanya jika si anak tersebut mencapai batas maksimal poin pelanggaran.” Tegas Pak Budi yang disimak serius oleh semua peserta upacara.
Lebih lanjut Pak Budi manambahkan tentang kedisiplinan siswa di masa pandemi ini. “Setiap siswa harus disiplin menjaga dirinya sendiri! bermasker! Masker bukan hanya dibawa tapi dipakai! Karena efek dari hal itu berpengaruh pada semua warga yang ada di sekolah ini. Tentunya semua tidak ingin sekolah ini di-lockdown gara-gara kecerobohan salah satu warganya” tutur beliau.

Hal penting lain yang perlu dibiasakan adalah 5S + 1 T. Beliau berharap agar semua siswa menerapkan pembiasaan ini di lingkungan sekolah sebab sekolah bukan hanya tempat menimba ilmu tapi juga mendidik peserta didik menjadi insan yang berakhlakul karimah, berilmu, peduli sesama dan lingkungan sekitar.

Pelaksanaan upacara kali ini berjalan dengan lancar dan tertib. Diikuti oleh semua warga SMP Negeri 1 Banyuglugur termasuk siswa sesi 2, yaitu siswa dengan nomor absen 1-16. (iskandar)