Latihan Dasar Kepemimpinan OSIS

Pada 11 Desember 2021, SMP N 1 Banyuglugur mengadakan latihan dasar kepemimpinan siswa bagi calon pengurus OSIS 2021. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Sekolah, Dra.Hj Sri Rahaju Supandi, M.Pd yang diikuti oleh calon Pengurus OSIS beserta panitia yang terdiri dari bapak dan ibu staf pengajar. Program LDK ini adalah program tahunan yang wajib diikuti oleh Pengurus OSIS. Karena dengan kegiatan LDK ini diharapkan tumbuh kesadaran dan kemandirian siswa terkait berbagai hal selama menjadi seorang pelajar. Tidak bisa dipungkiri masih banyak siswa yang selalu bergantung pada orang tuanya mulai dari hal terkecil hingga hal-hal yang sebetulnya bisa dipersiapkan sendiri. Lama-kelamaan ketergantungan ini akan menjadi penyakit yang sulit untuk dihilangkan. Bagi siswa dari kalangan menengah kebawah kemandiriaan adalah hal mutlak.
Dalam kegiatan LDK ini para panitia bermaksud memberikan shock therapy kepada para siswa. Selain diberikan bekal materi yang paling menarik adalah praktiknya dilapangan. Apakah jiwa kepemimpinannya muncul atau tidak ketika diberikan beberapa kasus kecil. Sehingga setiap kesalahan yang dilakukan oleh para siswa pasti akan selalu di permasalahkan oleh panitia.

Hal ini dilakukan tentu saja bukan tanpa alasan. Panitia ingin melihat sejauh mana daya kritis dan cara berpikir siswa ketika berada dalam tekanan. Menjadi seorang pemimpin tentu saja harus tegas, tangkas dan mampu mengambil segala resiko dalam situasi terdesak sekalipun.
Untuk LDK Fisik pada umumnya, materi yang diberikan secara garis besar ialah dalam bentuk PBB / Pelatihan Baris Berbaris dan Tata Upacara yang dipandu oleh Pembina Osis. Kegiatan LDK lainya diantaranya : Kepemimpinan, Keorganisasian, Olah Raga,