LDKS OSIS SMPN1BANYUGLUGUR MASA BAKTI 2022-2023

 Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) merupakan pelatihan dasar tentang segala hal yang berkaitan dengan kepemimpinan untuk pengurus OSIS baru yang nantinya akan menjadi pemimpin dari seluruh kesatuan OSIS di Sekolah. Guna membentuk karakter kepemimpinan pengurus OSIS yang terpilih melalui Pemilihan Ketua OSIS dan seleksi pengurus OSIS SMPN1 Banyuglugur mengadakan LDK yang digelar selama tiga hari mulai tanggal 18 – 20 Nopember.

Kegiatan ini terbagi dalam dua sesi, sesi pertama dilakukan di dalam kelas (indoor), sedangkan sesi kedua dilaksanakan di luar kelas (outdoor). Sesi pertama dilaksanakan di luar ruangan diisi dengan materi Peraturan Baris Berbaris (PBB) dan materi keorganisasian yang diampu oleh Martono Wibowo, S.Pd selaku Waka Kesiswaan. 

Drs. Sugeng Priyanto, M.Pd selaku Kepala Sekolah menjelaskan saat pembukaan LDK bahwa Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) merupakan bentuk program pengembangan dengan tujuan memberikan pembekalan kepada para siswa dalam memupuk semangat jiwa kebangsaan dan nasionalisme serta mempersiapkan para siswa menjadi pemimpin yang memiliki keterampilan sebagai pemimpin.

“ Selain itu, LDK juga bertujuan untuk membangun kemandirian, rasa percaya diri, tanggung jawab, disiplin, serta menghormati orang lain. Harapannya kegiatan ini memberikan dampak positif terhadap sikap, perilaku, dan karakter siswa dalam hal semangat kebangsaan dan nasionalisme karena para siswa merupakan generasi muda penerus bangsa yang ada di garis depan untuk membangun bangsa,” .

Lebih lanjut menyatakan bahwa  program LDK bagi siswa SMP Negeri 1 Banyuglugur sangat penting karena remaja di usia ini adalah kelompok remaja yang sedang membangun jati dirinya.