Kegiatan Literasi

Hai, Guys….! Jumpa lagi dengan Bung Joe (Jurnalis) Info SMPN 1 Banyuglugur di hari ini Selasa, 15 Februari 2022. 

Kali ini, Guys ….Bung Joe akan infokan tentang kegiatan literasi  di Spensanyu.Tapi sebelum gue kasi info nih…gue mau Tanya dulu? Apa itu literasi? Yupps….! Jawabanmu betul sekali! Secara singkat, literasi itu berkenaan dengan baca tulis, Guys. Tapi definisi panjangnya adalah istilah umum yang merujuk kepada seperangkat kemampuan dan keterampilan individu dalam membaca, menulis, berbicara, menghitung, dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian tertentu yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari.

Membaca itu penting buat kita, Guys..! kata orang, membaca itu adalah power. Sebab dengan membaca kita akan banyak dapat ilmu pengetahuan. Tahu segala sesuatu dibanding orang lain. Lagian, Guys…..dengan membaca, kita tak nampak blo’on ketika orang lain membahas sesuatu he..he..he.. Atau  setidaknya nyambung atau nyantol dengan topik  pembicaraan orang lain. Istilah lainnya  kita tidak tampak seperti kambing congek, Guys…! He..he..he. Yaa…tidak tampak blo’on-blo’on amat lah. Kan malu dong?

Agar siswa Spensanyu terbiasa membaca dan smart, maka literasi sudah dibiasakan di Spensanyu sejak tahun 2018. Yaitu setiap hari Selasa pagi dari pukul 07.00-08.00(saat normal). Asyik kan, Guys…?

Dalam kegiatan literasi ini, siswa diminta untuk meringkas apa yang telah dibaca. Dan  untuk mengetahui sejauh mana hasil yang didapat dari membaca, maka guru melakukan umpan balik dengan memberi pertanyaan-pertanyaan pada siswa tersebut.

Ternyata, Guys…. Hasilnya cukup memuaskan. Siswa bisa menangkap maksud apa yang telah dibaca. Baik itu buku yang fiksi ataupun yang nonfiksi.(Iskandar)